All New Livina – Pandangan Pertama Langsung Tergoda

Setiap orang pasti memiliki cerita tersendiri dengan kendaraan pribadinya, baik itu cerita yang seru, dramatis atau bisa jadi cerita berkesan yang tak akan pernah terlupakan, bahkan akan jadi kenangan sampai ke anak cucu di masa depan.

Jaman sekarang mobil tidak hanya sekedar alat transportasi untuk mengantarkan kita dari satu lokasi ke lokasi lain, lebih dari itu bagi sebagian orang mobil bahkan menjadi rumah keduanya, tidak heran ada yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk memodifikasi mobilnya supaya lebih nyaman pada saat bepergian.

Ngomongin soal modifikasi, kebanyakan teman teman yang saya kenal melakukan berbagai macam modifikasi pada tunggangannya, mulai dari sekedar merubah penampilan luar biar terlihat lebih gagah, atau memodifikasi mesin supaya lebih bertenaga hingga memodifikasi interior supaya lebih nyaman saat digunakan sehari hari.

Bagi saya pribadi, saya suka mobil yang dari sononya sudah gagah tampilan luarnya, didukung fitur fitur yang memanjakan kita sebagai penggunanya, apalagi sebagai pecinta musik sudah pasti sektor audio harus mumpuni, tapi yang paling penting buat saya adalah mobil yang ramah untuk keluarga.

Maklum sebagai keluarga besar, terkadang hanya untuk sekedar jalan jalan dalam kota bawaannya sudah kayak mau pindah rumah saja, padahal cuma 3 orang dewasa berikut 3 orang anak anak isinya. Hahaha…

Senin kemaren, seorang sahabat mengajak saya mengunjungi pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di kawasan Bumi Serpong Damai. Bagi para pria tentu saja dunia otomotif adalah dunia yang menyenangkan, bahkan bisa betah berjam jam disana sampai sampai lupa waktu.

Salah satu mobil yang langsung menarik minat saya adalah All New Livina, di forum forum otomotif saya sudah mendengar berbagai obrolan orang orang tentang mobil ini, jadi ini kesempatan bagus untuk melihat lebih dekat seperti apa kira kira penampakan aslinya.

Yuk! Kita intip luar dalamnya sob, walaupun saya bukan blogger spesialis otomotif tapi kalau sudah membahas soal kendaraan gak kalah lah sama para reviewer otomotif yang sudah beken itu. Disini saya hanya akan membahas hal hal yang menarik perhatian saya saja jadi harap maklum yah kalau reviewnya mungkin tidak selengkap blogger spesialis otomotif.

Hampir semua pria dewasa kalau sudah ngomongin kendaraan, baik roda dua maupun roda empat bakalan gak habis habis ceritanya karena selalu ada saja yang menarik perhatian kita, nah ini adalah cerita kesan pertama saya bertemu dengan Nissan All New Livina.

EXTERIOR


Kita bahas mulai dari sisi exterior dulu, design fisiknya sih model Low MPV tapi mengadopsi gaya SUV, pada tampilan depannya disematkan grill V-Motion khas Nissan. Untuk penerangan utama di depan pabrikan ini menggunakan lampu Halogen yang dilengkapi Auto-off Headlight dan terdapat juga penerangan tambahan untuk situasi yang berkabut yaitu fog lamp yang menyatu dengan bumper depan.

Jadi kalau lagi jalan jalan ke puncak atau dataran tinggi lainnya yang sering berkabut, gak usah khawatir karena penerangannya cukup mumpuni. Duh, bawaannya jadi pengen traveling ke Dieng lagi nih, seru kali yah naik New Livina ke Dieng sambil menjajal kehandalannya di medan berbukit dan berkelok kelok.

Oh iya, bagian lampu atasnya dibuat lebih kecil dan berbentuk bumerang, sedangkan lampu utama di bagian bawah dibuat berbentuk agak oval. Nah plus grill V-Motion tadi membuat si New Livina ini makin menarik dan terlihat gagah.

Seperti yang tadi saya jelaskan diatas, lampu depan ini dilengkapi juga dengan fitur auto-on/off headlight loh. Itu artinya lampu depan Livina ini dapat menyala dan mati secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di jalan. Fitur ini biasanya hanya ada di mobil-mobil kelas premium. Dari segi tampilan maupun fungsi memang kece kan sob..

Di bagian body sampingnya terdapat lekukan elegan yang melewati handle door berwarna chrome yang memberikan kesan atletis persis banget seperti SUV modern. Itu sebabnya diawal tadi saya sebutkan bahwa Livina ini Low MPV tapi mengadopsi gaya SUV. Kalau istilah saya, naik mobil ini otomatis menambah kadar ketampanan saya. hahaha..

INTERIOR

Interior Nissan Livina

Masuk kedalam kabin langsung terasa kenyamanan dan kesan elegannya, kabinnya itu lega dan joknya berlapis kulit, menurut teman teman yang sudah pernah ikutan test drive katanya kabinnya ini lebih kedap dibanding pesaingnya lho. Mungkin karena karet seal pada pintunya lebih tebal kali yah, buat nyetel musik selama perjalanan cocok banget ini.

Di bagian kemudi New Livina ini sudah tilt dan telescopic loh, jadi buat pengemudi yang tingginya pas pasan seperti saya ini maupun para pengemudi cewek yang tinggi semampai, bisa dengan leluasa mengatur posisi kemudinya, baik posisi tinggi rendah maupun maju mundur. Tinggal disesuaikan aja dengan kenyamanan yang kita inginkan. Selain itu terdapat juga tombol untuk pengaturan audio dan juga buat menerima telepon.

Head Unit 7 Inch

Nah salah satu bagian kesukaan saya adalah ditengah dasbor All New Nissan Livina terdapat head unit modern dan futuristik dengan monitor 7 inci dan touchscreen yang dengan mudah langsung terhubung dengan smartphone kita (iOS & Android). Plus sudah dilengkapi pula dengan 6 unit speaker bawaan, keren kan sob..

KABIN LEGA

Pengaturan Kabin Sesuai Selera Kita

Ngomongin soal kabin yang lega, kursi di baris paling belakang bisa dilipat rata dengan lantai. Buat yang biasa bepergian bersama keluarga pasti tau lah maksud saya, area bagasi di bagian belakang menjadi lebih luas dan lebih leluasa buat menaruh barang bawaan kita, termasuk kontainer kontainer berisi mainan dan perlengkapan sikecil.

Kompartemen Belakang

Tidak hanya itu All New Nissan Livina ini juga menyediakan kompartemen penyimpanan yang cukup banyak. Kalau saya tidak salah hitung, ada sekitar tujuh kompartemen tempat penyimpanan di mobil ini. Mulai dari bawah kursi penumpang depan, dibawah dasboard, balik kursi, bawah kursi penumpang hingga tempat penyimpanan sepatu di bagian belakang.

Buat kalian yang tidak bisa lepas dari gawai, di setiap baris mobil ini terdapat outlet charging port loh, buat ngecas perangkat selular kalian, jadi mau jalan kemanapun aman deh tidak usah khawatir kalau tiba tiba kehabisan daya. Asyik kan..

FEATURES

Melirik ke bagian fitur, Nissan yang mengusung Intelligent Mobility melengkapi New Nissan Livina dengan berbagai fitur yang canggih dan modern antara lain Hill Start Assist, sebuah fitur yang membantu kita sebagai pengemudi untuk menjaga posisi mobil agar tidak mundur kebelakang ketika berhenti di jalan yang menanjak. Jadi ketika macet macetan pas liburan ke puncak gak perlu khawatir lagi deh mobil kita akan mundur ke belakang dan di klaksonin orang orang.

Ada juga fitur Vehicle Dynamic Control, ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu mobil supaya tetap stabil ketika dikendarai bahkan ketika kita terpaksa harus bermanuver meliuk liuk, mobil ini tetap aman terkendali dan tidak akan mudah tergelincir. Ini salah satu fitur yang sangat penting sob.

Dulu saya pernah berkendara saat malam bersama adik saya dari Medan menuju Tapanuli Selatan, di sebuah daerah di jalan lintas provinsi yang lumayan gelap karena kanan kiri jalan adalah perkebunan sawit, saya kaget bukan kepalang ketika mendapati sepotong kayu tergeletak menutupi setengah lajur jalan. Spontan saya langsung banting setir untuk menghindar, hampir saja mobil yang saya kendarai terbalik masuk parit.

Tanpa fitur Vehicle Dynamic Control susah loh untuk membuat mobil tetap stabil dan terkendali ketika kita terpaksa harus bermanuver. Di Livina ada juga fitur Traction Control System yang menjaga agar mobil tetap berada di jalurnya ketika melaju di tikungan. Keren banget lah sob.

Oh iya, All New Livina ini sudah dilengkapi dengan teknologi Intelligent key system (i-Key), jadi kita bisa masuk mobil tanpa perlu harus repot repot mengeluarkan kunci dari saku atau memasukkan kunci terlebih dahulu. Kunci pintar ini terhubung dengan fitur Start / Stop button.

 

Ngomongin soal New Livina gak habis habis ceritanya sob, padahal itu baru cerita kesan pertama bertemu mobil ini secara langsung, apalagi kalau diboyong pulang kerumah wah dijamin akan melahirkan lebih banyak lagi cerita cerita seru lainnya.

Daripada cuma dengar cerita cerita orang, mendingan bikin #ceritalivina sendiri bersama keluarga, iya gak sob ? Yuk, langsung datangin dealer Nissan terdekat yah, pembelian Livina sudah termasuk free service dan free sparepart selama 4 tahun / 5000km. Jangan lupa nanti #ceritalivina yang kamu buat posting di blog atau masukin ke Youtube yah, pasti langsung saya Like dan Subscribe!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *