Grab for Business, Solusi Meningkatkan Produktivitas

“Manasse, besok kamu ada acara gak ?” begitu bunyi pesan di whatsapp saya dari seorang teman sesama blogger. Bang Dzul, begitu biasa ia saya sapa. Ternyata ia ingin mengajak saya untuk mengikuti kegiatan diskusi bersama salah satu perusahaan teknologi di bidang transportasi yang cukup terkemuka.

Yang membuat saya cukup kagum adalah undangan dari bang dzul ini ternyata menyertakan sebuah kode promo dari Grab menuju ke tempat diskusi diadakan sehingga saya tidak perlu mengeluarkan ongkos menuju lokasi acara. (Belakangan saya baru tau kalau layanan ini namanya adalah Grab Gift). Maklum terkadang saya agak kudet sob..

“Ngobrol Produktif bareng Grab” begitu thema diskusi kali ini, saya dan puluhan teman teman blogger yang hadir menyimak dengan serius sharing ilmu dari mbak Shanti Iriani, Corporate Culture Partner Grab Indonesia.

Para narasumber “ngobrol produktif bareng Grab”

“Kita semua adalah agen perubahan, oleh sebab itu jangan malas untuk belajar hal hal baru.” Begitu katanya, dan entah kenapa kata kata tersebut masih terngiang ngiang di telinga saya sampai saat ini.

Beberapa bulan belakangan ini saya memang sedang mencoba sesuatu yang tergolong baru bagi saya, yaitu menjadi seorang vloger. Mungkin bagi sebagian orang ngomong cuap cuap di depan kamera adalah hal yang mudah, namun tidak bagi saya, butuh waktu lama untuk membiasakan diri ngobrol di depan kamera tanpa grogi dan pucat pasi.

Memang saya sudah lama punya akun youtube, namun tidak pernah terbersit sama sekali keinginan untuk menjadi seorang youtuber, bahkan walaupun saya mengelola salah satu group youtuber Indonesia dengan member lebih dari 170.000 orang di Facebook, kala itu saya tetap belum ada niat menjadi seorang youtuber. Salah satu alasan terbesar adalah karena saya selalu keringat dingin dan grogi ketika berbicara di depan kamera.

Baru beberapa bulan belakangan ini saya memberanikan diri ngevlog, mencoba hal baru yang walaupun butuh perjuangan namun lama kelamaan saya mulai menikmatinya. Jadi omongan dari mbak Shanti Iriani tadi boleh dibilang sedang terjadi pada diri saya.

Banyak ilmu yang bermanfaat saya dapatkan dari pemaparan yang disampaikan oleh mba Shanti, terutama bagi kita para pekerja freelance maupun yang fulltime di dunia digital yang terkadang penuh ketidakpastian dan gejolak ini sangat perlu untuk belajar hal hal yang baru karena perkembangan dunia digital sangat cepat sekali

Tak lama berselang mbak Olivia Yoviani (Partnership Grab For Business) memberikan kita penjelasan mengenai layanan Grab For Business sebagai solusi pengelolaan transportasi untuk kalangan pebisnis dan professional, hmmm… menarik nih.

Grab for Business adalah solusi inovatif untuk mengelola pengeluaran supaya lebih efisien, banyak perusahaan yang telah berhasil meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawannya karena menggunakan layanan grab for business ini.

Fitur Grab for Business

Lalu, apakah layanan ini hanya cocok untuk perusahaan perusahaan besar saja ? ternyata tidak sob, layanan dan fitur grab for business ini cocok juga buat kita kita para freelancer, pekerja professional entah blogger, youtuber, videographer dan sederet profesi freelancer lainnya.

Tanpa membuang waktu berlama lama saya langsung ujicoba dan mendaftarkan profil business saat itu juga, dan ternyata caranya cukup mudah loh sob.

Lalu apa untungnya buat kita para influencer, blogger, youtuber atau para freelancer ? Ternyata grab for business ini sangat bermanfaat sekali loh buat kita terutama buat para youtuber seperti saya. Akan saya utarakan dibawah ini, dibaca pelan pelan yah sob.

Langsung pasang profil bisnis di ponsel

Setelah saya menggunakan profile bisnis beberapa hari ini ternyata banyak sekali kemudahan kemudahan yang sangat bermanfaat untuk kita, sebagai pelaku usaha kreatif yang terkadang mobilitasnya tinggi tentu kita terkadang sedikit kerepotan ketika memisahkan pengeluaran pribadi dengan pengeluaran untuk perjalanan bisnis.

Sebagai influencer pasti kalian pernah dong dapat proyek dari klien, entah endorse, sponsor atau review produk yang berbayar. Nah terkadang kita sedikit kerepotan ketika mengkalkukasikan biaya produksi yang kita keluarkan untuk masing masing proyek.

Saya pernah dapat proyek traveling yang disponsorin oleh salah satu perusahaan terkemuka, tiket dan akomodasi selama perjalanan ditanggung oleh perusahaan, termasuk biaya transportasi untuk mengunjungi beberapa obyek wisata, selama jalan jalan tersebut saya menggunakan taksi online dari hotel ke lokasi wisata, dan semua pengeluaran selama menggunakan taksi online berhari hari harus dilaporkan

Bukti pembayaran dikirim ke email

Kebayang dong bagaimana repotnya saya harus print satu persatu bukti perjalanan menggunakan taksi online yang jumlah perjalanannya sampai puluhan selama 4 hari jalan jalan. Capek sob..

Nah dengan menggunakan business profile dari grab, semua kerepotan tersebut tidak akan kalian alami, karena semua biaya perjalanan kita dalam mengerjakan proyek tersebut bisa dipisahkan dengan perjalanan pribadi.

Serunya lagi tanda terima perjalanan bisnis langsung dikirim via email ke kita loh, gak perlu lagi repot repot membuat catatan dan laporan transaksi perjalanan satu persatu seperti cerita saya diatas.

Kini kita bisa fokus pada konten yang akan kita garap tanpa dibuat ribet dengan urusan laporan

Tidak hanya itu saja setelah menggunakan profil bisnis, ini sebagian keuntungan yang akan kita dapatkan :

1. Pengelolaan pengeluaran lebih mudah karena laporannya langsung dikirim ke email bisnis atau email kantor yang kita daftarkan. Jadi kamu gak usah repot repot mencatat dan menghitung satu persatu biaya transport yang dikeluarkan untuk mengerjakan proyek dari klien

2. Gonta ganti dari profil bisnis ke profil pribadi sangat mudah cukup pakai jempol dengan hanya beberapa kali klik di ponsel kita

3. Setiap melakukan perjalanan, kita akan mendapatkan poin reward yang bisa kita gunakan dikemudian hari

4. Terdapat kode promosi yang bervariasi yang bisa kita gunakan beberapa kali, tentu semakin menghemat pengeluaran kita. Salah satunya adalah apabila kita menggunakan profil bisnis lebih dari 7 kali maka kita akan dapat potongan hingga 90.000 rupiah untuk 6 kali pakai. Hemat banget kan sob…

5. Membuat kita lebih tertib dan lebih rapih dalam mengelola keuangan kita, terutama post post pengeluaran untuk transportasi.

6. Pilihan mode pembayaran yang variatif sesuai dengan keinginan kita

7. Weekly reward yaitu potongan harga setiap minggunya, tentu membuat perjalanan kita semakin hemat lagi

8. Ada seasonal reward dimana kita berkesempatan mendapatkan reward Samsung Galaxy Watch Active apabila kita berhasil menjadi 1 diantara 10 orang pengguna Grab yang menggunakan profil bisnis terbanyak

Sebagai pengguna kita dimanjakan dengan banyak pelayanan yang berbeda, jadi kalaupun ada pertemuan bisnis di luar gak perlu pusing dan ribet lagi deh, terutama kalian warga yang tinggal di DKI Jakarta, gak perlu pusing dengan aturan ganjil genap, tinggal order grab aja sob.

Saat ini layanan Grab for Business ternyata sudah digunakan oleh ribuan perusahaan di tanah air dan asia tenggara. Gonta ganti profil dari pribadi ke profil bisnis caranya juga mudah banget kok cuma beberapa kali klik seperti yang terlihat di gambar dibawah ini

Cara menggunakan profile bisnis

Oh iya kode promo yang saya dapatkan dari bang Dzul ternyata adalah salah satu fitur dari grab for business loh namanya grab gift.

Dengan grab gift kita bisa memberikan hadiah kepada relasi bisnis, tamu, atau karyawan dengan voucher digital yang dapat di custom dan disesuaikan dengan keinginan kita. Baik nilai vouchernya, jenis layanannya, waktu penggunaan, lokasi, maupun frekuensi penggunaan, termasuk juga penamaan kode promonya.

Buat kalian yang sedang branding usaha atau yang melakukan personal branding cocok banget nih memanfaatkan layanan grab gifts karena bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti voucher transportasi acara bisnis, program loyalitas, atau sebagai bentuk apresiasi terhadap klien, keren kan sob.

Kalau kamu pengen ikutan juga merasakan manfaat dari fitur grab for business ini tinggal buka aplikasi grab di ponselmu lalu daftarkan email bisnismu, pokoknya bebas ribet deh sob.

Buat sahabat influencer yang sudah banyak proyek rekomended banget deh untuk menggunakannya, grab for business membantu kita meningkatkan produktivitas. Buat yang masih sepi proyek saya doakan semoga kalian semakin banyak tawaran proyek yah sob. Sukses selalu buat kita.

#KemanapunKamuPergi
#Grabforbusiness
#Gfbxkompas
#Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *