Kawah Putih, Eksotisme Dibalik Awan

Kawah Putih, sebuah danau vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha yang terjadi sekitar abad ke-10. Sesuai namanya, tanah yang ada di kawasan ini didominasi oleh warna putih karena mengalami percampuran dengan belerang.

Tidak hanya tanah, air danaunya juga berwarna putih kehijauan dan terkadang berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung di dalamnya, juga oleh karena perubahan suhu dan cuaca.

Lokasinya yang berada di areal pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di kawasan ini terasa dingin dan menyegarkan. Wisatawan yang akan berkunjung ke daerah ini disarankan mempersiapkan diri dengan membawa jaket.

Sejak dikembangkan oleh pemerintah tahun 1987 kawah putih menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Jawa barat, pemandangan alamnya yang eksotik sangat menggoda bagi siapa saja yang berkunjung kesana

Kunjungan wisatawan di kawah putih (Photo : sovian ch)

Tidak heran tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan, syuting serial televisi hingga photo prewedding.

Mitos dan sejarah penemuan kawah putih

Setelah letusan hebat gunung Patuha, masyarakat setempat meyakini bahwa kawasan ini angker sehingga tidak ada yang berani memasukinya, ditambah lagi penduduk setempat percaya bahwa setiap burung yang melintas di atas kawasan ini akan mati

Kepercayaan mengenai angkernya tempat ini akhirnya sirna setelah tahun 1837 Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman datang ke kawasan ini dan melakukan pendakian ke puncak gunung Patuha untuk melakukan penelitian.

Ketika akhirnya berhasil mencapai puncak, ia melihat sebuah danau indah berwarna putih kehijauan dengan bau belerang yang menyengat. Bau Itu lah yang menjadi penyebab utama sehingga tidak ada burung yang terbang di sekitar kawasan tersebut

Pemandangan danau vulkanik kawah putih (photo : Wartawisata)

Setelah penemuan ini, pemerintah Hindia Belanda kemudian mendirikan pabrik kapur di daerah tersebut yang diberi nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Pada saat masa penjajahan Jepang, pabrik inipun diambil alih lalu berganti nama menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Pesona Kawah putih

Berwisata ke Kawah Putih kita akan disuguhi suasana yang sejuk, segar dan menyenangkan dengan pemandangan deretan pohon pinus yang berjejer di kiri kanan jalan saat menuju lokasi. rileks sejenak dan nikmati pemandangan yang menyejukkan hati.

Hawa dingin di kawasan ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari suasana baru, khususnya bagi mereka yang berasal dari daerah berhawa panas. Panorama alamnya seolah membawa kita lepas dari hiruk pikuk kesibukan sehari-hari.

Sejauh mata memandang kita disuguhi pemandangan danau dengan latar belakang gunung Patuha yang sesekali berselimut awan putih, berada disini kita serasa dibawa ke dalam negeri dongeng, pemandangan ranting-ranting pohon kering pun turut memperkuat anggapan bahwa tempat ini bak negeri khayalan

kawah putih tertutup awan (Photo : Instagram)

Bagi anda yang suka berswafoto tersedia beberapa spot spot menarik yang tentu saja instagramable, salah satunya adalah dermaga kayu yang dibangun terapung sepanjang 50 meter dari pinggir danau ke pulau kecil yang menyembul di tengah permukaan danau vulkanik tersebut.

Selain menikmati pemandangan alam, di sekitar kawasan ini kita juga bisa bersantai sambil berendam di dalam kolam air panas. Kandungan sulfur dalam kolam air panasnya dipercaya sangat bagus bagi kesehatan kulit

Kolam air panas disekitar kawasan Kawah Putih (Photo : Manasse)

Dukungan dari pemerintah melalui pembangunan infrastruktur berupa jalan tol Soroja (Soreang – Pasir Koja) semakin mempermudah akses menuju kawasan ini dan kawasan wisata lain yang berada di sekitar Bandung Selatan.

Bagi yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan liburan bersama teman dan keluarga, coba lah mengunjungi kawasan eksotis ini.

Jika sedang beruntung anda bisa menyaksikan perubahan warna pada air danaunya, atau menikmati suasana seperti di negeri khayalan seiring menghilangnya danau dari pandangan ketika awan putih perlahan lahan menutupi seluruh permukaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *